Working Mother: Di Antara Keluarga, Pekerjaan, dan Me Time
23 Sep 2020
akbar
41
Share :

Menjadi seorang ibu yang bekerja memang tidak mudah. Waktu 24 jam dalam sehari terasa tidak cukup untuk dipakai bekerja dan mengurus keluarga, apalagi berbicara tentang me time yang hampir tidak mungkin dilakukan. Pulang kerja sampai di rumah (dengan macetnya jalanan ibu kota), langsung menyiapkan makan malam untuk keluarga, lalu disambung dengan membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah, belum lagi jika ada tugas mendesak dari kantor yang harus dikerjakan di rumah, tidur pada pukul 23.00 sudah menjadi suatu kemewahan. Padahal sebenarnya  Me Time merupakan waktu untuk diri sendiri yang penting bagi ketenangan jiwa semua individu, jadi jangan khawatir untuk kamu LifeLover yang memiliki peran sebagai Working Mother karena ForLife akan memberikan kamu tips kegiatan-kegiatan yang dapat kamu selipkan di sela kesibukanmu:

  • Menulis. Terkadang kita dapat merasa sangat lelah dan frustasi dengan keadaan sekitar, namun kesulitan untuk bercerita dan mengekspresikan diri sehingga segala emosi terluapkan kepada orang lain yang tidak bersalah. Menulis dapat menjadi terapi di saat-saat tersebut. Mulailah dengan menulis diari atau puisi yang mencerminkan perasaan dirimu, maka kamu tidak akan meluapkan emosimu kepada orang lain. Tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk menulis. Saat kamu sedang menghadapi kesulitan atau luapan emosi yang besar, buka fitur notes di handphone-mu lalu mulailah menulis. Mudah kan?
  • Ikut program katering. Memasak untuk keluarga memang opsi yang ekonomis dengan kebersihan yang pasti terjaga, namun tidak ada salahnya untuk ikut program katering sebulan beberapa kali dalam setahun. Dengan memilih jasa katering sehat, kamu tidak usah khawatir dengan kebersihan dan nutrisi yang terkandung dalam setiap makanannya, dan waktu yang biasa kamu pakai untuk memasak dapat kamu gunakan untuk beristirahat.
  • Ikut kelas yoga. Yoga terkenal dapat membuat tubuh menjadi sehat dan pikiran menjadi tenang. Kamu bisa pilih kelas yoga di pagi hari saat weekend agar quality time-mu dengan keluarga tidak terganggu.
  • Pijat atau refleksi. Datanglah ke tempat reflexology atau spa yang terdekat dari kantormu  saat istirahat makan siang, dan pilih paket pijat 30 menit. Setelah tubuhmu merasa segar kembali, kamu bisa menggunakan sisa waktu istirahatmu untuk makan siang.
  • Luangkan 5 menit. Dalam 5 menit ini, kamu dapat tinggalkan handphone-mu di meja lalu berjalan-jalanlah sebentar. Kamu dapat berjalan ke taman atau sekedar memutari rumah. Namun, pilih tempat untuk berjalan-jalan yang jauh dari gangguan. Dalam 5 menit ini kamu dapat berolahraga singkat sambil berpikir dengan tenang.
  • Travelling. Untuk kegiatan yang satu ini memang membutuhkan lebih banyak perencanaan dan waktu, namun semuanya akan terbayar dengan hasil yang didapatkan. Berwisatalah bersama kelurga setidaknya satu kali dalam setahun. Kamu akan merasa refreshed dan siap untuk menghadapi  rutinitas kembali sebagai seorang working mother.

 Jika ada kemauan, pasti ada jalan. Selama ini memiliki me time terasa tidak mungkin bagi seorang ibu yang bekerja, namun jika kita dapat mengatur waktu sebaik mungkin dan mulai memikirkan kesehatan jiwa diri sendiri, memiliki me time menjadi sangat memungkinkan. Tips terakhir dan paling penting dari ForLife adalah: delegasikan beberapa tugasmu ke orang lain. Jangan melakukan segala sesuatunya sendirian. Kamu dapat mulai dengan membicarakan pembagian tugas membersihkan rumah dengan pasanganmu, atau tugas cuci piring dengan anak-anak. Dengan memiliki jiwa yang bahagia, hubunganmu dengan keluarga, kerjaan, dan diri sendiri pun akan menjadi lebih indah.