Merdeka Dari Flu? Begini Caranya!
09 Oct 2020
akbar
102
Share :

Influenza merupakan penyakit infeksi mudah menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit yang biasa disingkat dengan sebutan flu ini memang kerap menjangkit baik anak kecil maupun orang dewasa.

Walaupun masa inkubasi penyakit ini tergolong singkat yaitu 3 hingga 7 hari, namun penyakit ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena pasalnya untuk anak-anak, ibu hamil, manula dan para penderita penyakit kronis dapat terkena komplikasi infeksi yang lebih besar.

Langkah-langkah pencegahan flu memang perlu dilakukan, terutama jika cuaca sedang tidak baik. Tingkatkan kekebalan tubuh dengan mengkomsumsi makanan bersih dan minum vitamin. Selain itu ada alternative pencegahan lain yang dapat kamu lakukan untuk merdeka dari flu, yaitu dengan melakukan vaksin flu.

Melakukan vaksin influenza bukan berarti kamu terbebas sama sekali dari penyakit flu, namun menurut the Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat, vaksin influenza adalah cara terbaik untuk melindungi kamu dan keluarga.

Vaksin flu selalu diperbaharui setiap tahunnya, hal ini dikarenakan penyebab flu yang terus berganti. Dengan begitu para ilmuwan sudah mulai memprediksi penyebab flu sebelum musim flu dimulai. Vaksin ini membuat antibodi di dalam tubuh meningkat. Hal ini terjadi sekitar 2 minggu setelah vaksin dilakukan. Antibodi inilah yang nantinya akan melindungi tubuh dari terjangkitnya flu pada tubuh.

Walaupun tidak menangkal flu hingga 100%, namun vaksin flu efektif menangkal 70-90% penyakit flu yang akan menjangkit tubuh kita. Vaksin ini hingga saat ini dibuat untuk melindungi tubuh dari tiga virus flu, yaitu influenza A (H1N1), virus influenza A (H3N2) dan juga virus influenza B.

Semua orang yang rentan terkena flu terutama anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun, orang dewasa berusia 50 tahun ke atas, ibu hamil dan orang-orang dengan kekebalan tubuh yang rendah dapat melakukan vaksin ini. Tapi berhati-hatilah bagi kamu yang memiliki alergi terutama alergi dengan putih telur dan yang memiliki GBS (Guillain-Barré Syndrome) atau kelumpuhan saraf yang parah, kamu harus konsultasi dulu ke dokter dengan lebih detail sebelum melakukan vaksin ini.

Beli Barang di Artikel ini